Kamis, 27 Januari 2011

UNTUKMU MAHASISWA

PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA

“Beri saya sepuluh pemuda yang mencintai tanah air, maka akan saya guncangkan dunia ini”, itulah kata – kata dari mantan presiden kita Ir. Soekarno. Memang singkat, tapi maknanya sangat mendalam. Dalam kalimatnya itu melambangkan seolah - olah pemuda itu adalah segala – galanya, pemuda itu adalah tonggak kebangkitan, pemuda itu adalah elemen perubahan dunia ini. Ya, memang benar apa adanya. Tentunya bukan sembarang pemuda yang dimaksud diatas, bukan pemuda yang mencontek diwaktu ujian, bukan pemuda yang hanya bisa berkoar – koar dalam aksi demo tapi hanya pandai berbicara, bukan pemuda yang menyerah di ‘perang kehidupan’, bukan pemuda yang mengorbankan dirinya dan bangga memasuki dunia gelap untuk mencari kesenangan, namun pemuda yang dimaksud disini adalah pemuda yang mencintai tanah air. Seperti apa pemuda yang mencintai tanah air itu? Ya,, itulah yang menjadi tanda tanya besar dibenak kita, bukan karena kita tidak tahu, namun kita ‘tahu’ tapi ‘tidak mau tahu’.
Pemuda tentunya tidak luput yang namanya mahasiswa, karena mahasiswa itu adalah segerombolan pemuda – pemuda yang diberi kelebihan untuk menuntut ilmu lebih tinggi dari pemuda yang lain. Dalam kata lain, mahasiswa itu memiliki ilmu yang lebih banyak dari pemuda yang lain, baik ilmu yang dipelajari dibangku kuliah maupun ilmu yang diperoleh dari luar bangku kuliah. Mahasiswa sangat berperan penting dalam mengatur dunia ini ke depannya dan omongannya bisa dipercaya, karena apa? Karena ilmu yang dimilikinya melebihi pemuda yang lain, karena hard skills dan soft skills dipelajari dibangku kuliah, mahasiswa itu bisa dikatakan manusia yang unggul karena ilmunya. Tapi ironinya, sebagian mahasiswa tidak tahu, bahkan ada mahasiswa yang tidak pantas disebut mahasiswa karena perilakunya lebih buruk dibanding pemuda yang tidak mempunyai kesempatan untuk melanjutkan tingkat pendidikkannya yang lebih tinggi, bahkan ada pemuda yang mampu berkarya melebihi kemampuan mahasiswa yang duduk dibangku kuliah, lalu apa gunanya kita kuliah jika kita sama dengan pemuda yang tidak kuliah. Mahasiswa dituntut untuk ‘lebih’ dari yang lain dan ini bukan sebuah tawaran tetapi sebuah kewajiban.
Lalu Sebenarnya peran mahasiswa itu seperti apa? Apakah hanya menuntut ilmu lanjutan dari SMA atau sederajatnya? Apakah sekedar mengikuti kegiatan organisasi tanpa tahu esensinya? Atau hanya berprestasi dan berprestasi dibidang akademik saja? Tidak, bahkan lebih dari pada itu semua. sesungguhnya pemuda yang bergelar mahasiswa itu, ketika pemuda tersebut menyandang status mahasiswa berarti pemuda tersebut telah siap memikul tanggung jawab yang lebih besar dari pemuda yang lain. Apa tanggung jawabnya? Tanggung jawabnya adalah membawa seluruh elemen negara ini ke arah yang lebih baik, menuju kesejahteraan dan tentunya selalu berlaku jujur dan adil.
Adapun peran mahasiswa adalah:
1. Meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan tanggap terhadap masalah yang datang
2. Membentengi diri dari hal – hal yang merusak dan tidak bermanfaat
3. Meningkatkan kemampuan hard skills dan soft skils
Sedangkan fungsi mahasiswa adalah:
1. Melatih dan membiasakan diri untuk memberi respon positif terhadap masalah yang datang
2. Mengisi waktu luang dengan hal – hal yang bermanfaat dan menciptakan lingkungan yang kondusif
3. Berusaha semaksimal mungkin untuk membekali diri dengan hard skills dan soft skills.
4. Membekali diri dengan iman dan takwa guna menjadi pedoman dalam melakukan segala tindakan.
Dari itu semua, masih banyak lagi peran mahasiswa yang mungkin belum disebutkan. Namun, satu hal yang sangat penting bagi kita adalah sejauh mana diri ini telah kita bina, apakah mendekati jiwanya mahasiswa atau malah menjauh dan menyimpang dari karakteristik mahasiswa yang seharusnya.

5 komentar:

  1. PERTAMAX!!! (benarkah?)

    postingan yang ini dari HIMA/hmpl???

    BalasHapus
  2. terima kasih kakakku yang baik hati atas pertanyaannya,,, saya akan menjawab dengan senang hati setiap pertanyaan yang diberikan,,
    ini adalah postingan saya SABARUDDIN kak,,,
    :)

    BalasHapus
  3. terima kasih kakaku yang semoga sukses selalu atas pertanyaann, sebelumnya maaf kak zakky
    maksudnya dari HIMA/HMPL apa kak?

    BalasHapus
  4. Sebelum bahas PFM lebih jauh...
    Siapa diri kamu??
    Apa yang kamu punya sebagai seorang Mahasiswa??

    BalasHapus