Jumat, 28 Januari 2011

PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA

MAHASISWA

4 PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA
1. Sebagai Iron Stock, mahasiswa harus bisa menjadi pengganti orang-orang yang memimpin di pemerintahan nantinya, berarti mahasiswa akan menjadi generasi penerus untuk memimpin bangsa ini. (mesti sekuat besi)
2. Agent Of Change, mahasiswa dituntut untuk menjadi agen perubahan. Maksudnya, bila ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan itu salah, mahasiswa dituntut untuk merubahnya sesuai dengan harapan sesungguhnya.
3. Social Control, mahasiswa harus mampu mengontrol sosial yang ada di lingkungan sekitar. Jadi, selain pintar dalam bidang akademis, mahasiswa juga harus pintar dalam bersosialisasi dengan lingkungan.
4. Moral Force, mahasiswa diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang ada. Bila di lingkungan sekitar terjadi hal-hal yang tidak bermoral, maka mahasiswa dituntut untuk merubah dan meluruskan kembali sesuai dengan apa yang diharapkan.
Ke empat peran fungsi mahasiswa diatas termasuk dalam salah satu pengertian secara umum tridharma atau Tiga Dasar Mahasiswa yaitu “Pengabdian masyarakat”
Memang dalam kenyataanya dan saya akui sendiri,ke empat peran fungsi mahasiswa ini tidak terletak atau bahkan tidak tertanam pada diri rata-rata mahasiswa jaman skarang. Rata-rata mahasiswa jaman skarang ini hanya mengurus diri nya sendiri,tidak melihat dan tidak melakukan pengabdian dirinya pada masyarakat. Mahasiswa sekarang hanya mengikuti berbagai kegiatan yang telah dijadwalkan oleh pihak kampus nya masing-masing,tanpa ada pembicaraan atau dengan kata lain diskusi diluar kegiatan mata kuliah kampus, sebagai misal mereka hanya mempelajari berbagai matakuliah dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen,yang hanya ujung-ujung nya hanya ingin mendapat nilai bagus dari mata kuliah tersebut, seperti hal nya kita ini “Siswa yang kuliah”. Disini saya tidak menyalahkan para mahasiswa yang berpikiran dan melakukan seperti itu,memang berpikir seperti itu bukan hal yang buruk dan itu hal yang positif,namum lepas dari itu semua janganlah kita hanya mengejar nilai setinggi tingginya,namun belajar lah pula kita untuk memberikan yang terbaik dan merubah sesuatu yang tadinya buruk menjadi baik,dan yang baik menjadi lebih baik untuk masyarakat dan tentunya untuk negara kita ini.Buat apa kita mengejar nilai setinggi tingginya kalu kita tidak memiliki ilmu dan skill diluar matakuliah,buat apa kita mendapat IP yang tinggi nyatanya kita tidak dapat mengabdikan diri pada masyarakat,tidak dapat memberi perubahan pada negara kita tercinta ini.
Saya Dhimas Yogi pada saat ini baru memulai untuk mempelajari peran dan fungsi mahasiswa yang sesungguhnya. Menjadi mahasiswa yang mempunyai hasil dan mempunyai perubahan kedepan yang lebih baik untuk negara kita ini. Bila ada yang sepemikiran dengan saya,mari bersama sama kita saling belajar dan membelajari,mengapa saya berkata seperti ini,karna saya menyadari ilmu saya masih sangatlah kurang untuk menjadi MAHASISWA yang memiliki ke empat peran dan fungsi mahasiswa tersebut. Diluar sana masih sangatlah banyak ilmu-ilmu yang dapat kita terima yang ilmu-ilmu tersebut tidak terdapat pada setiap pada matakuliah yang kita pelajari.
Mari para mahasiswa kita bersama sama merubah kehidupan negara kita dengan ilmu dan keterampilan yang telah kita pelajari bersama !!
Dhimas Yogi N
(3610100009)

1 komentar:

  1. Yuk berkunjung ke blog saya juga kak berisi aspirasi saya pribadi mengenai kehidupan mahasiswa , ditunggu yah kak nih linknya :

    https://seputarlingkupmahasiswa.blogspot.com

    BalasHapus