Kamis, 27 Januari 2011

Peran dan Fungsi Mahasiswa

PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA

Oleh Diana Gracea
3610100008

Mahasiswa, menurut saya mahasiswa adalah seseorang yang menuntut ilmu di suatu perguruan tinggi negri maupun swasta maupun sekolah kedinasan . Setiap orang memiliki hak untuk menjadi atau tidak menjadi seorang mahasiswa. Keputusan menjadi seorang mahasiswa pastilah memiliki tujuan. Pada umumnya keputusan menjadi seorang mahasiswa dilatarbelakangi dengan keinginan untuk menuntut ilmu yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita. Setiap mahasiswa memiliki keahlian yang berbeda sesuai dengan bidang studi yang ia ambil. Dengan begitu kita dapat melihat bahwa menjadi calon mahasiswa pun kita sudah dihadapkan untuk memutuskan sesuatu untuk mendirikan pondasi bagi profesi yang akan digeluti di masa depan kita. Dan ketika sekarang telah menjadi seorang mahasiswa, kita pun akan diperhadapi dengan berbagai persoalan yang meuntut kita untuk mengambilkan keputusan yang tepat, pastilah semuat keputusan yang mahasiswa ambil harus rasional. Karena untuk itulah mahasiswa diciptakan, untuk menjadi pribadi yang dewasa, dinamis, sistematis, dan rasional. Itulah sedikit dari yang saya ketahui dari mahasiswa.
Mahasiswa memiliki tugas yang pastinya lebih dari sekedar siswa biasa. Mahasiswa memiliki peran dan fungsi penting bagi lingkungan disekitarnya. Mahasiswa dikenal dengan kaum yang terpelajar, dimana dalam menghadapi sesuatu selalu dituntut untuk memiliki pemikiran yang rasional dan luas untuk memimpin atau mengatur segala sesuatunya tertata rapi dan sistematik, karena hal ini dapat membedakan pribadi mahasiswa dengan seorang siswa atau masyarakat yang bukan mahasiswa agar tidak menutup kemungkinan mahasiswa dapat memimpin masyarakat untuk memiliki suatu pola pikir yang lebih maju dan bijak berkat dorongan dari mahasiswa. Menurut saya, salah satu peran dan fungsi penting mahasiswa adalah untuk menjadi pemimpin bagi diri sendiri. Karena untuk menjadi pemimpin yang bijak bagi orang lain, seorang mahasiswa harus dapat mengatur dirinya menjadi lebih disiplin dan memiliki tanggungjawab untuk diri sendiri, sebagai contoh kecil, mahasiswa harus bisa bertanggung jawab akan tugas yang telah diberikan dosen tepat waktu. Itu merupakan wujud bahwa mahasiswa harus bisa memimpin diri sendiri. Setelah mengambil peran dan fungsi untuk memimpin diri sendiri, mahasiswa harus mengambil peran bagi masyarakat. Bagaimana kita melakukannya? Kita bisa menjadi seorang pemimpin dengan tingkah laku kita di hadapan masyarakat. Bukan karena kita memegang buku tebal berjalan tegak di hadapan mereka dan menggunakan almamater saja, namun bagaimana kita dapat menjadi seorang panutan dalam setiap tingkah laku kita yang membawa wibawa, sehinnga kita bisa menjadi moral force bagi masyarakat. Dan masyarakat mulai merespon kita, sebagai contoh bila kita bertingkah laku sopan kepada masyarakat, mungkin mereka tidak mengatakan langsung pada kita tentang apa yang kita lakukan tetapi mungkin mereka akan mengatakan ke orang lain “maklum saja, sopan begitu, dia kan mahasiswa…”. Jangan sampai kita dikenal masyarakat dengan kerusuhan yang diciptakan sendiri sehingga ada tanggapan “maklumlah mahasiswa jaman sekarang ga punya aturan….”. Kita memiliki pilihan, apakah kita menjadi mahasiswa yang
memilik moral force yang baik bagi masyarakat atau malah menjadi batu sandungan bagi nama mahasiswa di mata masyarakat.
Selain itu peran dan fungsi mahasiswa adalah menjadi pribadi yang memiliki perjuangan dalam menuntut ilmu yang menjadi pilihan untuk menjadi profesional dalam bidang yang kita pilih. Keahlian yang kita miliki sebagai mahasiswa pastinya bukan untuk diri sendiri. Apa pun bidang yang kita geluti sekarang pastinya bukan untuk kepentingan kita semata, namun merupakan bentuk pengabdian kita kepada masyarakat yang juga mempercayakan kita sebagai mahasiswa untuk menjadi pembela bagi kebutuhan mereka melalui bidang studi yang kita geluti. Karena kita sebagai mahasiswa harus mampu membawa perubahan bagi kehidupan orang-orang di sekitar kita melalui keahlian kita masing-masing. Karena selama ini mahasiswa memang dikenal dengan gerakan-gerakan yang radikal sebagai bentuk pembelaan bagi kepentingan orang banyak.
Itulah yang dapat saya sampaikan tentang bagaimana peran dan fungsi mahasiswa yang tidak hanya berguna bagi diri sendiri, namun membuktikan kepada setiap orang bahwa mahasiswa berguna bagi lingkungan sekitarnya. Karena kegerakan mahasiswa sebagai pemuda yang dinamis dan realistis untuk mengadakan perubahan yang baik bagi lingkungan sekitar bahkan bangi bangsa dan negara.

1 komentar:

  1. iya diana....
    itu tulisan pfm nya brdasrkan pndapat sendiri , literatur???

    BalasHapus