Senin, 24 Januari 2011

PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA


            Ketika mendengar kata-kata mahasiswa pastilah yang ada dibenak kita pertama kali adalah reformasi. Peristiwa yang terjadi pada pada pertengahan tahun 1998 itu merupakan gerakan yang dimotori oleh para mahasiswa seluruh indonesia untuk menggulingkan rezim orde baru yang dipimpin oleh presiden Soeharto. Setelah melalui beberapa hambatan, akhirnya para mahasiswa berhasil menurunkan Presiden Soeharto yang telah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia selama 32 tahun dari kursi kepresidenan.
            Ternyata sepak terjang mahasiswa tidak itu. Jika kita mundur lebih jauh ke belakang kita akan menemukan peristiwa lainnya yang juga di motori oleh para mahasiswa, yaitu peristiwa rengasdengklok. Peristiwa yang ditandai dengan penculikan yang dilakukan oleh para pemuda yang terdiri dari para mahasiswa dan anggota PETA terhadap Soekarno beserta ibu Fatmawati dan Guntur beserta Hatta ke sebuah kota kecil di daerah karawang, jawa barat yaitu rengasdengklok. Penculikan itu untuk mengamankan Soekarno dan Hatta dari pengaruh jepang. Selain itu juga, penculikan yang dilakukan oleh para pemuda memiliki tujuan lain yaitu mendesak soekarno dan hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanpa campur tangan jepang.
Jika kita amati dari dua peristiwa diatas dapat kita katakan bahwa sesungguhnya sangat besar sekali kekuatan dari para mahasiswa untuk melakukan sesuatu yang besar. Bahkan mereka selalu mengambil peran-peran yang penting dalam suatu peristiwa-peristiwa besar di masa lampau. Bahkan Ir Soekarno pernah berkata “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno). Itu menandakan bahwa memang para mahasiswa yang sebagian besar adalah pemuda memiliki potensi yang besar untuk melakukan hal-hal besar pula.
Namun pasti akan muncul pertanyaan sebenarnnya siapa itu mahasiswa? Mahasiswa adalah salah satu kaum di masyarakat yang memegang peranan penting dalam kehidupan di masyarakat. Mahasiswa merupakan komunitas yang unik dan mudah diterima di semua lapisan masyarakat. Suatu komunitas yang masih memegang teguh idealisme mereka, sebuah rasa kebenaran yang diyakini oleh dirinya sendiri dan tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal yang menggeser makna kebenaran itu sendiri. Suatu komunitas yang masih belum terkontaminasi oleh kepentingan- kepentingan golongan tertentu. Mahasiswa selalu diidentikkan sebagai salah satu agen perubahan sosial yang mana mahasiswa mempunyai tanggung jawab sosial bukan hanya sebagai anggota masyarakat melainkan mereka juga harus mampu membawa angin perubahan ke arah yang lebih baik.
Sebagai mahasiswa sudah barang tentu memiliki peran dan fungsi agar dapat memberi kontribusi dan manfaat bagi lingkungan. Bentuk peran dan fungsi mahasiswa dibagi dalam empat bagian, yaitu : agent of change, iron stock, moral force, dan social control.

1.      Agent of change
Peran dan fungsi mahasiswa ini adalah sebagai orang yang membawa perubahan. Yang dimaksud dengan perubahan adalah membuat semuanya menjadi lebih baik dengan melahirkan pemikiran-pemikiran yang inovatif dan juga kreatif. Disini mahasiswa merupakan salah satu harapan bangsa agar bisa membawa bangsa itu menjadi bangsa yang lebih baik dengan pemikiran-pemikiran yang inovatif dan kreatif. Suatu bangsa menaruh harapan itu kepada mahasiswa karena mahasiswa dianggap memiliki intelektual yang cukup bagus serta kematangan berpikir yang cukup luwes.

2.      Iron stock
Peran dan fungsi mahasiswa ini diharapkan menjadi manusia-manusia tangguh dengan akhlak yang mulia dan siap untuk menerima tongkat kekuasaan dari generasi-generasi sebelumnya dan melanjutkan perjuangan mereka memimpin bangsa ini.  Namun, sebagai generasi penerus bangsa yang berjuang demi mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsa ini, kita harus banyak mengambil pelajaran dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau.

“Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang.” (Pidato HUT Proklamasi 1966, Soekarno)

3.      Moral force
Peran dan fungsi mahasiswa selanjutnya adalah moral force. Yang dimaksud dengan moral force adalah mahasiswa sebagai kelompok masyarakat yang memperoleh pendidikan tinggi dan intelektual yang menonjol juga harus memiliki moral yang baik agar bisa merubah bangsa ke arah lebih baik dan juga harus bisa merubah ke arah yang lebih baik jika moral bangsa sudah sangat terpuruk.

4.      Social control
Peran dan fungsi mahasiswa yang terakhir adalah social control. Social control disini dimaksudkan agar mahasiswa dapat menjadi pengontrol terhadap keadaan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Caranya adalah dengan mengkritik, memberi saran dan juga solusi jika keadaan sosial bangsa sudah tidak sesuai dengan cita-cita dan tujuan bangsa yang telah ditetapkan dan disepakati bersama.

Dengan memahami peran dan fungsi mahasiswa seperti yang dijabarkan diatas, Mahasiswa diharapkan dapat menjadi angin segar untuk perkembangan bangsa menjadi bangsa yang lebih baik. Mahasiswa diharapkan dapat menjalankan peran sebagai pengontrol kebijakan-kebijakan pemerintah sehingga jalannya pemerintahan tetap sesuai dengan cita-cita dan tujuan bangsa yang telah disepakati oleh para pendiri negara ini di masa lampau. Selain itu juga, mahasiswa diharapkan dapat menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang tangguh di masa depan yang sanggup menghadapi segala macam tantangan baru yang timbul akibat perkembangan jaman. Tantangan yang muncul dari berbagai arah, baik dari luar maupun dalam negeri. Karena sesungguhnya tantangan di masa yang akan datang itu lebih berat dari masa sekarang, setidaknya itulah yang dikatakan oleh Bung Karno :

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” - (Bung Karno)

Sesulit apapun itu yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa adalah mempersiapkan diri untuk menghadapai tantangan-tantangan itu. Karena hal yang paling mendasar dan pokok yang diharapkan bangsa ini dari para mahasiswa adalah kontribusi mereka untuk membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik.

-ERIZAL NOVANANDA-
(3610100017)

5 komentar:

  1. Dewa PL-06
    kamu tau kenapa Indonesia memakai kata Mahasiswa??
    tau latar belakangnya apa??
    kamu juga mengutip omongan BK kalo perjuangan kita lebih sulit karena melawan bangsa sendiri,,
    sekarang kutanya..
    bangsa itu apa??
    kamu itu berbangsa apa??
    kamu tau aku berbangsa apa??
    di momen seperti apa aku bisa menjadi musuhmu bila aku sebangsa dengan kamu??

    BalasHapus
  2. Yayat PL08
    Kamu itu siapa ?
    Mahasiswa ?
    Atau hanya sekedar ikut-ikutan kuliah ?
    Karena dipaksa orang tua ?
    Atau gengsi kalau tidak kuliah ?

    BalasHapus
  3. Bagus lanjutkan menulis ya, mungkin dengan topik yang berbeda nantinya. mulai dari diri sendiri sebelum memperbaiki yang ada diluar

    BalasHapus
  4. sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada kakak-kakak yang telah memberikan kritik dan saran nya

    @mas dewa : menurut saya bangsa itu adalah kelompok orang yang berkumpul karena memiliki persamaan nasib. saya sendiri berbangsa indonesia. dan menurut pandangan saya mas berbangsa indoonesia juga karena mas telah menjadi WNI. momen dimana mas bisa menjadi musuh saya adalah jika mas berusaha mengganti bentuk negara ini atau jika mas berusaha mengganti dasar negara ini.

    @mas yayat : saya adalah mahasiswa jurusan PWK angkatan 2010.

    @mas anang : terima kasih. semoga saya bisa menlis lebih baik ke depannya.

    BalasHapus
  5. gak usah sampe tertekan gitu dong jawabnya :D

    1. "menurut saya bangsa itu adalah kelompok orang yang berkumpul karena memiliki persamaan nasib. saya sendiri berbangsa indonesia. dan menurut pandangan saya mas berbangsa indoonesia juga karena mas telah menjadi WNI. momen dimana mas bisa menjadi musuh saya adalah jika mas berusaha mengganti bentuk negara ini atau jika mas berusaha mengganti dasar negara ini."

    km WNI, aku jg WNI, persamaan nasib apa yg kita sama2 punya? dan lagi, apa gak mungkin kita mengganti bentuk negara klo emang itu diperlukan? katanya agent of change.. harus siap dgn perubahan kan? kok bisa dianggep musuh?

    2. "Yayat PL08
    Kamu itu siapa ?
    Mahasiswa ?
    Atau hanya sekedar ikut-ikutan kuliah ?
    Karena dipaksa orang tua ?
    Atau gengsi kalau tidak kuliah ?"
    "saya adalah mahasiswa jurusan PWK angkatan 2010"

    ngakak baca ini xD
    anak SD kalo ditanyain juga jawabnya gitu kali.

    BalasHapus