Jumat, 28 Januari 2011

Peran dan Fungsi Mahasiswa

Fungsi dan Peranan Mahasiswa                                               NIKO IRJAYA DESMONDA/3610100015
Seseorang yang disebut mahasiswa adalah seseorang yang sedang menempuh pendidikan di lembaga perguruan tinggi selama beberapa waktu. Disnilah tempat belajar mahasiswa untuk menuntut ilmu, berpikir, memecahkan masalah tanpa masalah, belajar menjadi mandiri, peka dan melatih keterampilan yang dimiliki dalam bidang akademik maupun non-akademik.
Menjadi mahasiswa tidaklah semudah seseorang yang sebelumnya masih di kategorikan siswa, baik dia berada dalam pendidikan formal atau tidak. Karena tugas mahasiswa tidak hanya belajar di kelas, baca buku, buat makalah, presentasi, diskusi, hadir ke seminar-seminar, dan kegiatan lainya yang bernuansa kekampusan. Inilah yang membedakan belajar dan siswa serta kuliah dan mahasiswa. Kuliah yang menurut saya adalah belajar secara aktif untuk melakukan sesuatu, maksudnya secara aktif adanya kemauan dari dalam diri tiap individu. Beda dengan siswa yang masih menurut/bergantung pada guru dan lingkungan.
Selain itu ada tugas yang lebih terhadap makna mahasiswa itu sendiri, yaitu sebagai agen perubahan dan pengontrol sosial masyarakat. Tugas inilah yang  dapat menjadikan dirinya sebagai harapan bangsa, yaitu menjadi orang yang setia mencarikan solusi terhadap beberapa masalah yang sedang terjadi. Hal dapat menambah nilai plus bagi dirinya sebagai mahasiswa jika harapan mereka terwujud dan menjelma menjadi kenyataan dalam kehidupan
Mahasiswa sebagai agen perubahan sosial selalu dituntut untuk menunjukkan peranannya agar tak menjadi mahasiswa tidak peka terhadap lingkungan sekitar.
Maka dari itu kita harus tau semua fungsi dan peranan kita sebagai mahasiswa, peranan dan fungsi mahasiswa adalah kita dapat menjaga nama baik dan mampu menjadi seseorang yang dapat memajukan bangsa, dengan cara bergaul yang benar, dapat berpikir kritis, karena mahasiswa sudah harus bisa hidup mandiri. Mungkin dengan mengikuti berbagai pelatihan – pelatihan kita sebagai mahasiswa dapat menambah pengalaman yang lebih baik. Sebagai mahasiswa kita juga harus mampu mengkontrol diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar