Rabu, 26 Januari 2011

Fungsi Dan Peran Mahasiswa

Gagah Nuh Surgawan 3610100028

Peran dan fungsi mahasiswa adalah suatu hasil nyata dari keberadaan mahasiswa untuk kehidupan di lingkungan. Mahasiswa sendiri memiliki kemampuan , kesempatan ,serta kelebihan yang bisa membuat mereka mampu berada di atas masyarakat , Mahasiswa sendiri belum memiliki kepentingan-kepentingan golongan-golongan tertentu ataupun kepentingan-kepentingan politik yang ada. Sehingga mahasiswa sendiri sebenarnya bersifat idealisme yang memiliki kebenaran tersendiri yang diyakini mahasiswa itu sendiri yang tidak dipengaruhi oleh pihak-pihak lain .
Fungsi dan peran mahasiswa sendiri adalah sebagai masa depan dari Negara . karena dari mahasiswa lah akan diketahui arah kedepan suatu Negara . Jika kita melihat fungsi dan peran mahasiswa di Negara ini , maka sudah sangat terbukti lah peran mahasiswa di Negara ini , suatu ketika mahasiswa dapat menggulingkan rezim presiden Suharto di tahun 1998, tanpa pergerakan mahasiswa pada tahun itu bukan tidak mungkin presiden Suharto masih akan berkuasa di Negara ini dan Negara kita mungkin tidak akan bisa semaju seperti sekarang .
Dilingkungan masyarakat peran dan fungsi mahasiswa sendiri sudah sangat dibutuhkan oleh masyarakat . Kemajuan teknologi yang dirasakan dan dinikmati masyarakat juga berkat kerja keras yang dihasilkan oleh mahasiwa . Dalam proses menjaga kesejahteraan masyarakat pun , Mahasiswa juga tidak akan tinggal diam apabila ada kebijakan-kebijakan dari pemerintah yang membuat masyarakat sangat merasa tertekan ataupun dirugikan . Mahasiswa pun tak segan segan untuk ptotes secara langsung kepada pemerintah tanpa rasa takut sedikitpun. Mahasiswa sendiri pun berunjuk rasa atas dasar kepentingan masyarakat sendiri bukan untuk membela kelompok ataupun golongan tertentu.
Posisi mahasiswa sendiri sangatlah rentan terhadap tudingan-tudingan miring masyarakat karena mahasiswa berada di tengah tengah antara masyarakat dan pemerintah . Tidak jarang pula mahasiswa berlaku berat sebelah dengan mementingkan pemikiran mahasiswa namun membuat salah satu pihak antara masyarakat ataupun pemerintah serasa dirugikan dengan pemikiran tersebut .

Dengan semua penjelasan diatas dapat diketahui seberapa jauh fungsi dan peran mahasiswa di lingkungan sekitar ini . Kita perlu menghargai mahasiswa karena mahasiswa itu sendiri pun berjuang membela kebenaran dan tidak ada upah sedikitpun dalam upaya membela kebenaran .

2 komentar:

  1. tulisannya beda sendiri bila dbandingkan dngan tmen2 yg lain....

    Msh trlalu umum....
    bisa dikerucutkan lg pnjelasan PFM nya?

    BalasHapus
  2. boleh 2, seolah - olah mahasiswa adalah anggota "Justice League"

    BalasHapus