Rabu, 26 Januari 2011

FUNGSI DAN PERANAN MAHASISWA (YENI RATNASARI)

Menyandang gelar mahasiswa merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan bagi kita.Betapa tidak,ekspektasi dan tanggung jawab yang diemban oleh mahasiswa begitu besar.Mahasiswa juga bukanlah hanya sekedar orang yang belajar di perguruan tinggi,tapi pengertian mahasiswa lebih dari itu.Kita tahu apabila kita menjadi mahasiswa kita akan berpikir bagaimana cara untuk menjadi mahasiswa yang selalu di inginkan oleh masyarakat ataupun oleh mahasiswa itu sendiri.Zaman sekarang banyak mahasiswa yang salah memanfaatkan atau memfungsikan peranannya sebagai mahasiswa,kita lihat banyak mahasiswa yang tawuran ,ugal-ugalan ataupun banyak mahasiswa yang hidupnya menjadi rusak akibat pergaulan.Remaja di masa-masa ini sangat memprihatinkan,banyak yang mengkonsumsi narkoba dan banyak yang menjadi pelaku kejahatan.Mau jadi apa Negara kita apabila para mahasiswa-mahasiswa seperti itu,apalagi mahasiswa adalah penerus masa depan bangsa.
Maka dari itu kita harus tahu semua fungsi dan peranan kita sebagai mahasiswa.Peranan dan fungsi mahasiswa adalah dapat menjaga nama baik dan mampu menjadi seseorang yang dapat memajukan bangsa,dengan cara penemuan-penemuan baru  atau dengan cara bergaul yang benar.Kita sebagai mahasiswa harus dapat berpikir kritis,karena mahasiswa sudah harus hidup mandiri.Mungkin dengan mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan ,kita sebagai mahasiswa dapat menambah pengalaman yang lebih baik.Sebagai mahasiswa kita juga harus mampu mengkontrol diri,dimulai dari sekarang memperbaiki diri kita,dan menjadi mahasiswa yang dapat memajukan bangsa dan berguna bagi setiap masyarakat.

Adapun fungsi dan peranan kita sebagai mahasiswa ada 4 :
1.Sebagai Iron Stock
Kita sebagai mahasiswa  harus bisa menjadi pengganti orang-orang yang memimpin di pemerintahan  nantinya,berarti mahasiswa akan menjadi generasi penerus untuk memimpin bangsa ini.
2.Agent of change
Sebagai mahasiswa ,kita dituntut untuk menjadi agen perubahan.Maksudnya ,bila ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan sesuatu hal itu dianggap salah,mahasiswa dituntut untuk merubah sesuatu tersebut dengan harapan masyarakat bisa menerima sesuatu hal tersebut.
3.Social Control
Sebagai mahasiswa kita harus mampu mengontrol sosial yang ada di lingkungan sekitar.Jadi,sebagai mahasiswa selain pintar dalam bidang akademis ,kita juga harus dituntut pintar dalam bersosialisasi  dengan lingkungan sekitar.
4.Moral Force
Sebagai mahasiswa kita diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang ada.Bila di lingkungan sekitar terjadi hal-hal yang tidak bermoral,maka mahasiswa dituntut untuk merubah dan meluruskan kembali sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

Jadi  4 peran dan fungsi utama kita sebagai mahasiswa ,kita harus bisa menjadi penerus bangsa ini atau melakukan suatu perubahan drastis guna memajukan bangsa.Kalau bukan kita yang melakukan nya?
Mahasiswa sudah terlanjur dikenal masyarakat .Sebagai agent of change,agent of modernization,iron stock,sosial control dan moral force atau aen yang lain.Hal ini memberikan  konsekuensi logis kepada mahasiswa untuk  bertindak dan berbuat sesuai dengan gelar yang disandangnya.Mahasiswa harus tetap memiliki sikap kritis,dengan mencoba menelusuri permasalahan sampai ke akar-akarnya.
Dengan adanya sikap kritis dalam diri mahasiswa diharapkan akan timbul sikap korektif terhadap kondisi yang sedang berjalan.Pemikiran propektif ke arah masa depan harus dianggap dalam pola pikir setiap mahasiswa.Sebaliknya,pemikiran konservatif pro-status quo  harus dihindari.Mahasiswa harus menyadari ,ada banyak hal di sekitarnya yang harus diliuruskan dan diperbaiki kepedulian terhadap lingkungan.Sekitar dan komitmen terhadap perbaikan di masa depan harus diinterprestasikan oleh mahasiswa ke dalam hal-hal yang positif.Tidak bisa dipungkiri,mahasiswa sebagai sosial control terkadang juga kurang mengontrol dirinya sendiri,sehingga mahasiswa harus menghindari tindakan dan sikap yang dapat merusak status yang disandangnya,termasuk sikap hedonismaterialis yang banyak menghinggapi mahasiswa masa kini.Oleh karena itu marilah kita sadar akan peran dan fungsi kita sebagai mahasiswa sesungguhnya demi terciptanya keseimbangan kehidupan yang lebih baik bagi semua elemen kehidupan.
 

4 komentar:

  1. Dewa PL-06
    yo wis gini,,
    yak apa kondisi lingkungan terdekatmu dikampus??
    yak apa kondisi temanteman sesama mahasiswa??
    udah idealkah??

    BalasHapus
  2. Anang PL-06

    Alhamdulillah masih ada mahasiswa yang sadar dengan kondisi di sekitarnya, artinya matanya masih bisa melihat dan otaknya masih bisa berpikir.

    bolehkah saya bertanya
    hal kecil apa ya yang kira - kira bisa anda lakukan untuk menunjukkan bahwa anda sudah menjadi mahasiswa yang menjalan peran dan fungsinya.

    selamat berlibur...

    BalasHapus
  3. mas anang :
    terima kasih sebelumnya mas, atas pertanyaannya. menurut saya, misalnya dalam rapat angkatan, saya sebagai mahasiswa berusaha untuk dapat menyampaikan pendapat saya sendiri.
    selain itu, saya mengikuti pelatihan-pelatihan kepemimpinan.

    BalasHapus
  4. mas dewa :
    terima kasih sebelumnya mas, atas pertanyaannya. menurut saya sudah ideal mas, namun belum sempurna. kesempurnaan akan tercapai dengan berjalannya waktu dan berjalannya pengkaderan ini.

    BalasHapus