Rabu, 26 Januari 2011

PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA (RYAN M. RIZAL S.R.)

Mahasiswa identik dengan kaum yang memeliki nilai patriot yang tinggi, cinta tanah air dan intelektual yang baik. Mahasiswa adalah kaum terpelajar yang seharusnya memberi contoh kepada masyarakat. mahasiswa dikenal kritis dalam menyikapi suatu masalah, demo adalah suatu  cara mereka untuk mengkritisi kinerja pemerintah, namun demo untuk mengkritisi kinerja pemerintah yang disertai anarki mencerminkan bahwa mereka tak layak di panggil mahasiswa,  karena pemikiran mereka masih terlalu dangkal bagi seorang mahasiswa. Apakah sikap anarkis tersebut yang harus di contoh oleh generasi selanjutnya? Sungguh memalukan. mahasiswa diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang ada. Bila di lingkungan sekitar terjadi hal-hal yang tidak bermoral, maka mahasiswa dituntut untuk merubah dan meluruskan kembali sesuai dengan apa yang diharapkan.
Mahasiswa harus mampu menumbuhkan semangat solidaritas yang tinggi, dimana ketika Negara ini sedang terimpa suatu bencana mereka tanpa perlu di suruh tergerak hatinya untuk membantu saudara satu bangsa, baik moril maupun materil. Mereka tanpa rasa malu turun ke jalan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar membantu saudara setanah air yang tertimpa musibah. Mahasiswa tak lelah–lelahnya mengajak kita untuk menumbuhkan rasa solidaritas antar umat manusia.  Bahkan bantuan dari mahasiswa tak kala lebih cepat daripada bantuan pemerintah, inilah yang menjadikan mahasiswa menjadi suatu bagian dari masyarakat, karena mereka tanggap akan penderitaan rakyat.
Mahasiswa juga merupakan penyumbang kemajuan pendidikan, tak sedikit karya mahasiswa yang mendapat penghargaan internasional, dan tak sedikit pula kreasi hasil mahasiswa dijadikan bahan pembelajaran oleh dinas pendidikan. Inilah bukti bahwa selain sebagai penjaga moral bangsa dan sebagai penumbuh solidaritas, mahasiswa juga sebagai ikon yang berguna bagi duni pendidikan tentunya. Meski mereka turun ke jalan guna membantu saudara setanah air, mereka tak lupa akan kewajiban mereka adalah sebagai insan pendidikan. Merekalah yang akan menjadi generasi penerus bangsa selanjutnya, menggantikan para pejabat-pejabat yang tak layak lagi. Mahasiswa harus memeliki jiwa kepemimpinan, karna kelak merekalah yang akan mewujudkan cita-cita bangsa, memimpin Negara ini, dan tentu saja membuat Negara ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Mahasiswa adalah kaum terpelajar dinamis yang penuh dengan kreativitas. Mereka tau apa yang cocok bagi rakyat dan apa yang tidak. Ketika para penguasa tak lagi memihak pada rakyat, ketika para penguasa tak lagi menuntaskan janji – janji mereka, disanalah peran mahasiswa dimulai. Mereka dengan sigap mekritisi kinerja pemerintah. Tak hanya cuap – cuap belaka, mahasiswa pun terkadang ikud memberikan solusi dengan cara membuka forum diskusi dengan para pejabat negara ini. Inilah bukti bahwa mahasiswa menjadi pengontrol system pemerintahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar