Jumat, 28 Januari 2011

Peran dan Fungsi Mahasiswa

Mahasiswa adalah salah satu civitas akademik yang tentu memiliki peran khusus terhadap pendidikan dan peran umum pada masyarakat. Dalam lingkup pendidikan peran mahasiswa adalah sebagai penimba ilmu yaitu sebagai seseorang yang terus belajar dan mempelajari apa yang didapatnya baik dari dosen ataupun alam sekitarnya, sedang dalam masyarakat mahasiswa adalah seorang pengabdi dan "problem solver".

Di negara-negara maju seperti amerika dan eropa tak ada istilah "mahasiswa" melainkan tetap sebagai "student" meskipun orang tersebut telah menempuh jenjang perkuliahan atau pendidikan tinggi, namun di indonesia seorang yang menempuh pendidikan tinggi adalah sangat dihargai hingga disebut sebagai "mahanya siswa" atau mahasiswa.

Peranan mahasiswa di Indonesia sangat beragam dalam berbagai sudut pandang, bahkan masyarakat awam yang sering melihat mahasiswa berdemo dan berorasi terkadang juga mengeksplisitkan mahasiswa sebagai pembuat rusuh, tukang tawuran dan sebagainya. Namun di balik berbagai pandangan tersebut mahasiswa harus dapat menjelaskan perannya melalui prestasinya untuk membuat kehidupan yang lebih baik.

Fungsi mahasiswa adalah sebagai penerus dan aset bangsa di masa depan, peran-peran besar dalam bangsa ini suatu saat akan digantikan oleh generasi baru yang tentu saja sebagian besar berasal dari kalangan mahasiswa sekarang. Namun satu hal yang mesti kita tekankan untuk indonesia bahwa mahasiswa haruslah berfungsi sebagai seorang enterpreneur yaitu calon pembuat lapangan pekerjaan. (Hendri Yani.S/3610100063)

1 komentar:

  1. "Peranan mahasiswa di Indonesia sangat beragam dalam berbagai sudut pandang"
    Memangnya menurut kamu apa saja peran mahasiswa di Indonesia? Sudahkah kamu menjalankan peran tersebut..

    "membuat kehidupan yang lebih baik"
    Apakah peran dan fungsi mahasiswa untuk membuat kehidupan yang lebih baik hanya didalam negeri?

    *rasanya tulisan kamu masih terlalu umum ya..

    BalasHapus