Jumat, 28 Januari 2011

MAHASISWA dan MAHASISWA

Mahasiswa, sepintas jika kita mendengar kata tersebut muncul persepsi atau pandangan yang berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang menganggap bahwa mahasiswa itu adalah sekelompok manusia yang anarkis dan terkenal suka melakukan aksi demonstrasi. Ada pula yang memandang bahwa mahasiswa itu adalah manusia yang mempengaruhi perubahan perkembangan suatu Negara, sehingga ada yang mengatakan bahwa presidenpun takut dengan mahasiwa dengan alas an sebagai berikut ; mahasiswa takut pada dosen, dosen takut pada rector, rector takut pada menteri pendidikan, menteri pendidikan takut pada presiden dan presidenpun takut pada mahasiswa. Namun ada pula orang yang memiliki pandangan bahwa mahasiswa itu adalah sekelompok manusia yang memiliki ilmu pengetahuan tinggi, memiliki intelejensi tinggi dan tentunya menjadi harapan masyarakat.
Namun apakah sebenarnya peran dan fungsi dari mahasiswa itu??? Ada yang tauuu????....bahkan setiap orang pasti mamiliki jawaban sendiri-sendiri jika ditanya apakah peran dan fungsi mahasiswa itu??? Sayapun juga demikian.
Kalau menurut saya, peran dan fungsi itu sebenarnya tidak memiliki makna yang jauh berbeda, peran dan fungsi merupakan dua kata yang selalu bersama. “Peran adalah fungsi dan fungsi adalah peran”, namun sedikit ada perbedaan antara peran dan fungsi. Jika peran itu lebih condong kepada orang atau pelakunya ( mahasiswa dilihat dari orangnya ) tapi jika fungsi itu lebih condong kearah bendanya ( mahasiswa sebagai kata benda ). Berikut peran dan fungsi mahasiswa menurut saya pribadi.
Mahasiswa memiliki peranan yang sangat penting baik itu didalam lingkungan masyarakat, bangsa ataupun Negara. Dengan pengetahuan tinggi dan intelektual yang dimilikinya mahasiswa diharapkan dapat membawa perubahan demi kemajuan bangsanya, peran mahasiswa yang lebih ditunggu-tunggu sebenarnya adalah ketika mereka telah lulus kuliah dan mengabdi pada Negara dan mengaplikasikan ilmu-ilmu yang mereka peroleh, sehingga perubahan demi kemajuan bangsa dan negarapun dapat terealisasikan. Tapi semua itu tidak terlepas dari akhlak para mahasiswa, jika mereka benar-benar mau mengabdi pada bangsa dan Negara dengan iklhas sepenuh hati maka bangsa dan negarapun akan maju. Namun jika mahasiswa tersebut hanya mempunyai ilmu tanpa dilandasi akhlak yang baik, maka percuma saja mahasiswa itu tidak akan menjadikan suatu banga dan negaranya maju melainkan malah semakin terpuruk.
Selain berguna bagi bangsa dan Negara, secara tidak langsung mahasiswa mempunyai peranan penting dilingkungan masyarakat dan menjadi harapan besar masyarakat. Karena sebenarnya masyarakat telah menunggu hasil dari buah karya mahasiswa yang dapat merubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Sebagai contohnya penemuan alat-alat baru misalnya pembangkit energi listrik dll. yang dilakukan oleh mahasiswa dan diaplikasikan kepada masyarakat dapat mempermudah proses kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar. Bukan hanya itu, mahasiswa juga berperan dalam memecahkan masalah yang ada dikalangan masyarakat dengan pengetahuan yang dimilikinya, mahasiswa juga memberikan solusi-solusi untuk mmecahkan masalah tersebut.
ebenarnya peranan mahasiswa bagi bangsa dan Negara tidak hanya ketika mereka telah lulus dalam menempuh pendidikannya. Mahasiswa dapat menjunjung tinggi nama baik bangsa dan Negara dengan memenangkan lomba-lomba kejuaraan tingkat dunia, dengan begitu para mahasiswa telah benar-benar berperan dengan baik bagi bangsa dan negaranya.
Maka dari itu kita sebagai mahasiswa harus benar-benar manjadi mahasiswa yang berperan aktif semaksimal mungkin baik ketika masih menempuh pendidikan dan lebih-lebih ketika telah selesai menempuh pendidikan, demi kemanjuan bangsa dan Negara dan kebanggaan masyaraka. Oleh : MUHAMMAD SUKRON (3610100061)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar