Selasa, 25 Januari 2011

FUNGSI DAN PERANAN MAHASISWA


MAHASISWA adalah seseorang yang sedang menikmati keindahan pendidikan di salah satu lembaga tinggi . Lembaga ini populer dengan sebutan universitas atau perguruan tinggi. Di lembaga inilah dia belajar mengasah otak, berpikir, memecahkan masalah, belajar menjadi orang mandiri, sabar,  dan melatih keterampilan yang dia miliki tanpa merasa jenuh dan bosan .mahasiswa menjadi bagian dari perjalanan bangsa indonesia. Pemikiran kritis, demokratis, dan konstruktif selalu lahir dari pola pikir para mahasiswa. Suara-suara mahasiswa kerap kali merepresentasikan dan mengangkat realita sosial yang terjadi di masyarakat. Sikap idealisme mendorong mahasiswa untuk memperjuangkan sebuah aspirasi pada penguasa, dengan cara mereka sendiri.
Bagi mahasiswa, setiap peristiwa dapat menjadi isu penting, karena mahasiswa memiliki sikap yang kritis dalam melihat persoalan di sekitarnya. Sejarah bangsa Indonesia pun sebenarnya juga tidak bisa lepas dari campur tangan mahasiswanya. Seperti runtuhnya orde lama dan Orde baru lahir dari sebuah harapan untuk memperbaiki kehidupan politik, ekonomi, dan sosial. Namun di balik semua itu menjadi mahasiswa tidaklah semudah yang kita bayangkan . Karena tugas mahasiswa tak cuma belajar di kelas, baca buku, buat makalah, presentasi, diskusi, hadir ke seminar, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bercorak kekampusan. Ada tugas lain yang lebih berat untuk mahasiswa itu sendiri, yaitu sebagai perubah dan pengontrol sosial masyarakat. Tugas inilah yang  dapat menjadikan mahasiswa sebagai harapan bangsa, yaitu menjadi orang yang mencarikan solusi berbagai problem yang sedang berkembang di masyarakat. Inilah yang menambah nilai plus bagi mahasiswa jika harapan mereka terwujud dan menjelma menjadi kenyataan dalam kehidupan.

Fungsi dan Peranan mahasiswa
1.       mahasiswa sebagai orang yang intelek, jenius, dan jeli harus bisa menjalankan hidupnya secara proporsional, sebagai seorang mahasiswa, anak, harapan orang tua dan  masyarakat.
2.      mahasiswa sebagai seorang yang hidup di kampus yang dikenal bebas berekspresi, beraksi, berdiskusi, berspekulasi dan berorasi, harus bisa menunjukkan tingkah laku yang bermoral dalam setiap tindakanya tanpa terkontaminasi dan terpengaruh oleh kondisi dan lingkungan. Sebab dia sendiri sudah bisa mengukur antara baik-buruknya tindakan, selain selalu dipantau dan dicontoh oleh masyarakat.
3.      mahasiswa sebagai seorang yang membawa perubahan harus selalu bersinergi, berpikir kritis dan bertindak konkret yang terbingkai dengan kerelaan dan keikhlasan untuk menjadi pelopor, penyampai aspirasi dan pelayan masyarakat.


Mahasiswa tidak boleh hanya mengikuti perkuliahan saja. Mereka juga harus memiliki skil-skil yang dibutuhkan untuk menghadapi dunia luar khususnya dunia kerja. Berikut Kemampuan yang harus dimiliki seorang mahasiswa :

1. Soft skill (Kemampuan Kepribadian)
  • Soft Skill atau kemampuan kepribadian adalah salah satu faktor untuk sukses pada pendidikan yang ditempuh dan juga penentu untuk masa depan seseorang dalam menjalani hidupnya.
  • Karena soft skill hampir 80 % menentukan keberhasilan seseorang.
Kemampuan soft skill yang perlu dimiliki seorang mahasiswa
  • Manajemen waktu
  • Kepemimpinan (leadership)
  • Tingkat kepercayaan yang tinggi (self confidence)
  • Selera humor yang tinggi (sense of humor)
  • Memiliki keyakinan dalam agama (spiritual capital)
2. Hard Skill (Kemampuan Intelektual)
Kemampuan intelektual hanya mendukung 20 % dari pencapaian prestasi dan keberhasilan seseorang
Jika kemampuan soft skill ini kita punyai, maka kita akan menjadi orang yang baik di masa depan, sebab saat ini yang terjadi banyak orang yang penting tapi sedikit yang baik
Yakini pilihan anda, bahwa dalam dunia anda menekuni pendidikan tinggi anda bisa sukses seperti yang anda cita-citakan.



FAHMI LAZUARDI RAMADHAN (3610100027)

2 komentar:

  1. Dewa PL-06
    Buku apa yang paling kamu suka??

    BalasHapus
  2. Yayat PL08
    Apa itu demokratis dan berpikir kritis ?

    BalasHapus