Jumat, 28 Januari 2011

PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA



Mahasiswa tidak akan ada jika tidak ada wadah yang menaunginya. Di Indonesia sedikitnya terdapat 105 perguruan tinggi negeri yang menurut Undang – undang no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, perguruan tinggi dibentuk menjadi universitas, institut, politeknik, Sekolah tinggi, dan akademik. Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Perguruan tinggi dan mahasiswa diibaratkan sebagai simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. Menguntungkan dalam arti untuk mahasiswa dapat memperoleh apa yang selayaknya ia ingin dapatkan diperguruan tinggi dan perguruan tinggi mendapatkan “pelaku” untuk menyalurkan dan menciptakan bibit unggul bagi bangsa. Seorang Bill Gates menyatakan bahwa kuliah adalah kesempatan penting dan karenanya jangan disia-siakan. Kuliah adalah saat yang paling tepat untuk memenuhi rasa keingintahuan. Kesempatan yang bisa diperoleh agar dapat kuliah memang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa dengan sedemikian rupa.

Banyak orang mendambakan bisa menjadi mahasiswa. Prestasi membanggakan suatu bangsa dimata dunia internasional, turut disumbangkan oleh mahasiswa. Ketika lulus sekolah, calon mahasiswa pasti mempunyai ancer-ancer apa yang akan ia lakukan jika sudah menyandang status tersebut. Bukan sekedar status sebagai mahasiswa agar tidak terlihat menganggur seusai sekolah. Beranjak kejenjang mahasiswa, tentu juga beranjak kearah kedewasaan. Mahasiswa memiliki intelektual dan kedewasaan dalam pola pikir. Di era sekarang ini merupakan era yang berat tidak hanya bagi mahasiswa tapi juga calon penerus-penerus bangsa lainnya. Pengaruh banyak bermunculan dari berbagai macam sudut kehidupan, baik itu pengaruh positif maupun negatif. Disinilah muncul pergeseran fungsi dan peranan sebagai mahasiswa. Mahasiswa yang siap akan bertahan pada idealisnya, sebaliknya mahasiswa yang belum siap akan gelimpungan dan menjauh dari tujuan awal menjadi mahasiswa.

Perubahan akan terjadi disetiap sela kehidupan. Bahkan ketika diam, perubahan itu akan terus muncul baik perubahan yang baik mapun buruk, yang sesuai prinsip diri atau tidak. Kesempatan menjadi mahasiswa memang tiada batas, tetapi kesempatan menjadi pemuda mahasiswalah yang terbatas. Ketika menjadi mahasiswa, banyak kesempatan untuk bersentuhan dengan masyarakat. Secara tanggap akan mengerti perubahan apa yang diinginkan masyarakat. Lantas tidak tergesa-gesa dalam pengambilan keputusan, perlu adanya strategi seperti memulainya dari diri sendiri yang kemudian diharapkan akan berkembang dan terus berkembang. Amin.

Sebagai aset bangsa, mahasiswa diharapkan mampu meneruskan perjuangan pendahulunya dengan lebih baik. Ilmu-ilmu yang didapat saat kuliah menjadi bekal yang berharga. Saat kuliah tidak hanya ilmu-ilmu perkuliahan saja yang bisa didapatkan, dari kontak secara langsung dengan masyarakat dan sebagainya mahasiswa pasti bisa memetik ilmu tersendiri. Untuk itu sebagai penerus, bisa juga mempelajari kesalahan ataupun kekurangan yang sudah ada sebelumnya tanpa memanfaatkannya sebagai kepentingan pribadi kemudian mengatur strategi bagaimana mengatasi kekurangan tersebut secara bersama-sama. Karena keutuhan NKRI adalah ketika masyarakatnya yang terdiri dari berbagai aspek saling bekerjasama bersama.

Dalam buku Informasi dan Pengenalan ITS, tercantum bahwa fungsi mahasiswa adalah sebagai berikut :
  1.  Sebagai bagian civitas akademika yang lebih mengedepankan pemikiran ilmiah daripada emosi dan memiliki kebebasan akademik. 
  2. Sebagai generasi muda bangsa terlatih dan terpelajar menjadi penentu sejarah perjuangan dan menjadi panutan serta harapan masyarakat dan generasi muda lainnya, peka terhadap segala masalah yang berkembang disekitarnya.
  3. Sebagai warga Negara yang hak dan kewajibannya sama dengan warga Negara Indonesia lainnya termasuk kedudukannya dalam hukum formal.
  4. Sebagai calon pemimpin bangsa yang harus banyak menimba pengalaman dalam rangka membina sikap profesionalisme.

Mahasiswa yang bisa menempatkan dirinya adalah mahasiswa yang baik. Ketika ia bisa menjadi hamba, anak, adik, kakak, teman, junior, utusan dan lain sebagainya sesuai proporsi dan waktunya.



MERISA KURNIASARI
3610100038

5 komentar:

  1. Yayat PL08
    "Mahasiswa yang bisa menempatkan dirinya adalah mahasiswa yang baik"
    Ingat, sesuatu yg baik itu blm tentu benar !
    Kamu juga tidak mendefinisikan Mahasiswa itu apa.

    BalasHapus
  2. hahaha lucu cha, mengutip pentingnya kuliah dari orang yang mengabaikan kuliah (baca:Bill Gates).

    semoga kalian jadi mahasiswa yang tidak menyia - nyiakan ksempatan yang sudah diberikan oleh yang kuasa.

    selamat berlibur

    BalasHapus
  3. Makasih kak bwt komennya...
    Kl menurutq y kak,kl dr awal sudah tersugesti bahwa yg baik tdk tntu benar,pemikiran ini akan membelenggu dn tertanam spt it,mgkin bs smpai k alam bwah sdar alias termind set...jadi utk berbuat baikpun qt jd harus mikir2 dluu...kl berbuat baik dn benar it spt ap,setiap agma apapun pzt mengajari kebaikan...dn dr dinipun qt sdah setidakny mengerti kebaikan it koridorny spt ap...
    Terus gini kak,dr peran dn fungsi yg sy jabarkan setidakny bs menggambarkan mahasiswa it seperti ap,meski secara tersirat....
    Spt itu sih kak....Merisa kurniasari (ica) ^~^

    BalasHapus
  4. Makasih juga mz komennyaa...
    La iya mz,sya kn ngutip dr org sukses yg ga smpai lu2s kuliah,,tp org itu bner2 nyuruh ank2 muda yg lain buat nglnjutin kuliah smp lu2s..brrti kn slma ini ketika dia istilahny mnghadapi sutu kerjaan -bisnis misalny-,sesuatu yg seharusny ia dpt dperkuliahan g bs ia terapkan dbidangny karena dia mutung it too...mknya ia bner2 nyesel...gt mz...mkny jgn smp kyk bill gates,meski sukses tp te2p dirasa g max karena drop out kuliah..begitulah....
    Slmat liburan jg mz,slmat mngerjakan TA... Merisa Kurniasari (ica) ^~^

    BalasHapus
  5. oke cha makasih supportnya, tapi yang jelas cha, andaikata Bill Gates menyelesaikan kuliah bidang hukumnya (kalo gak salah) dan kemudian menjadi pengacara, maka saat ini kita (mungkin) tidak bisa berbalas comment seperti ini. hahahaha

    BalasHapus