Selasa, 25 Januari 2011

PFM


Assalamu’alaikum WR. WB

PERAN dan FUNGSI MAHASISWA ( PFM )

Apa sich PFM itu ???? sebelum kita bahas bagaimana PFM itu, tentu saja kita harus tau apa itu arti Peran, Fungsi, dan Mahasiswa. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia artyi kata Peran adalah hal yang besar pengaruhnya pada suatu peristiwa. Kemudian Fungsi adalah kegunaan suatu hal, pekerjaan yang dilakukan, kedudukan atau tugas. Dan Mahasiswa adalah orang yg belajar (pelajar) di perguruan tinggi. Jadi dapat kita simpulkan bahwa maksud dari PFM (Peran Fungsi Mahasiswa) adalah suatu kedudukan/tugas yang dilakukan seorang pelajar perguruan tinggi (mahasiswa) untuk memberikan pengaruh pada suatu peristiwa.

Mahasiswa dapat dikatakan sebuah komunitas unik yang berada di masyarakat, dengan kesempatan dan kelebihan yang dimilikinya, mahasiswa mampu berada sedikit di atas masyarakat. Mahasiswa memiliki tempat tersendiri di lingkungan masyarakat, namun bukan berarti memisahkan diri dari masyarakat. Oleh karena itu perlu dirumuskan perihal peran, fungsi, dan posisi mahasiswa untuk menentukan arah perjuangan dan kontribusi mahasiswa tersebut.

1. Peran Mahasiswa
  • Mahasiswa Sebagai “Iron Stock”
Mahasiswa dapat menjadi Iron Stock, yaitu mahasiswa diharapkan menjadi manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi-generasi sebelumnya. Intinya mahasiswa itu merupakan aset, cadangan, harapan bangsa untuk masa depan. Dalam konsep Islam sendiri, peran pemuda sebagai generasi pengganti tersirat dalam Al-Maidah:54, yaitu pemuda sebagai pengganti generasi yang sudah rusak dan memiliki karakter mencintai dan dicintai, lemah lembut kepada orang yang beriman, dan bersikap keras terhadap kaum kafir.

Maka kita Mahasiswa sebagai Iron Stock adalah dengan memperkaya diri kita dengan berbagai pengetahuan baik itu dari segi keprofesian maupun kemasyarakatan, dan tak lupa untuk mempelajari berbagai kesalahan yang pernah terjadi di generasi-generasi sebelumnya.
  • Mahasiswa Sebagai “Agent of Change”
alasan mengapa kita harus melakukan perubahan adalah karena perubahan itu sendiri merupakan harga mutlak dan pasti akan terjadi walaupun kita diam. Bila kita diam secara tidak sadar kita telah berkontribusi dalam melakukan perubahan, namun tentunya perubahan yang terjadi akan berbeda dengan ideologi yang kita anut dan kita anggap benar. Perubahan merupakan sebuah perintah yang diberikan oleh Allah swt. Berdasarkan Qur’an surat Ar-Ra’d : 11, dimana dijelaskan bahwa suatu kaum harus mau berubah bila mereka menginginkan sesuatu keadaan yang lebih baik.

Oleh karena itu betapa pentingnya arti sebuah perubahan yang harus kita lakukan. Mahasiswa adalah golongan yang harus menjadi garda depan dalam melakukan perubahan. Perubahan itu sendiri sebenarnya dapat dilihat dari dua pandangan. Pandangan pertama menyatakan bahwa tatanan kehidupan bermasyarakat sangat dipengaruhi oleh hal-hal bersifat materialistik seperti teknologi, misalnya kincir angin akan menciptakan masyarakat feodal, mesin industri akan menciptakan masyarakat kapitalis, dan lain sebagainya. Pandangan selanjutnya menyatakan bahwa ideologi atau nilai sebagai faktor yang mempengaruhi perubahan. Sebagai mahasiswa nampaknya kita harus bisa mengakomodasi kedua pandangan tersebut demi terjadinya perubahan yang diharapkan
  • Mahasiswa Sebagai “Guardian of Value”
Mahasiswa sebagai Guardian of Value berarti mahasiswa berperan sebagai penjaga nilai-nilai di masyarakat. Sedikit sudah jelas, bahwa nilai yang harus dijaga adalah sesuatu yang bersifat benar mutlak, dan tidak ada keraguan lagi di dalamnya. Nilai itu jelaslah bukan hasil dari pragmatisme, nilai itu haruslah bersumber dari suatu dzat yang Maha Benar dan Maha Mengetahui. 

Selain nilai yang di atas, masih ada satu nilai lagi yang memenuhi kriteria sebagai nilai yang wajib dijaga oleh mahasiswa, nilai tersebut adalah nilai-nilai dari kebenaran ilmiah. Mahasiswa sebagai  Guardian of Value adalah penyampai, dan penjaga nilai-nilai kebenaran mutlak dimana nilai-nilai tersebut diperoleh berdasarkan watak ilmu yang dimiliki mahasiswa itu sendiri.

2. Fungsi Mahasiswa

Berdasarkan tugas perguruan tinggi yang diungkapkan M.Hatta yaitu membentuk manusisa susila dan demokrat yang
  1. Memiliki keinsafan tanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat
  2. Cakap dan mandiri dalam memelihara dan memajukan ilmu pengetahuan
  3. Cakap memangku jabatan atau pekerjaan di masyarakat
Berdasarkan pemikiran M.Hatta tersebut, dapat kita sederhanakan bahwa tugas perguruan tinggi adalah membentuk insan akademis, yang selanjutnya hal tersebut akan menjadi sebuah fungsi bagi mahasiswa itu sendiri. Ciri-ciri insan akademis adalah memiliki sense of crisis dan selalu mengembangkan dirinya.

  • Sense of crisis
Insan akademis harus memiliki sense of crisis yaitu peka dan kritis terhadap masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya saat ini. Hal ini akan tumbuh dengan sendirinya bila mahasiswa itu mengikuti watak ilmu, yaitu selalu mencari pembenaran-pembenaran ilmiah. Dengan mengikuti watak ilmu tersebut maka mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai masalah yang terjadi dan terlebih lagi menemukan solusi-solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.

  • Mengembangkan diri
Insan akademis harus selalu mengembangkan dirinya sehingga mereka bisa menjadi generasi yang tanggap dan mampu menghadapi tantangan masa depan.

Dalam hal insan akademis sebagai orang yang selalu mengikuti watak ilmu, ini juga berhubungan dengan peran mahasiswa sebagai penjaga nilai, dimana mahasiswa harus mencari nilai-nilai kebenaran itu sendiri, kemudian meneruskannya kepada masyarakat, dan yang terpenting adalah menjaga nilai kebenaran tersebut.

Maka kita yang sekarang ini sudah sebagai seorang Mahasiswa, hendaknya tahu bahkan mengerti peran dan fungsi kita sebagai Mahasiswa yang sesungguhnya.

Nama : Linda Purba N.
NRP      : 3610100033








4 komentar:

  1. Yayat PL08
    Ya ya, saya tahu anda mahasiswa !
    Tapi tanggung jawab kamu sebagai mahasiswa mana ?

    BalasHapus
  2. Dewa PL-06
    mari bicara sense of crisis..
    kita berangkat dari lingkungan terdekatmu dikampus,,
    ada masalahkah disekitarmu??

    BalasHapus
  3. assalamualaikum.
    saya Cucu Hayati Alumni PWK ITS 2006 NRP 3606100018 PL5
    senang sekali melihat tulisan seperti ini terposting, tp ada beberapa pertanyaan di benakku :
    1. tak kenal maka tak sayang.
    sepertinya si penulis ini (blogger) tidak ingin dikenal jati dirinya. siapa kalian (blogger)? dan mengapa kalian ujug2 koq nulis ato bikin blog ini? mengapa tulisan kalian ini diposting? saiya tidak menggerti.
    saran : di profil bisa dijelaskan bgmn sejarah lahirnya blog ini, siapa tim kreatif bolg ini.

    2. esensi.
    esensi tulisan ini apakah kreatifitas dlm co-past sajakah? kalo "iya" jgn lupa sertakan pula alamat web-nya. kasihan si penulisnya koq di-plagiat. hormati hasil karya mereka (sesama bloger). namun, jika benar2 ini tulisan teman-teman, harusnya lebih realistis dgn menyertakan sisi realitas seperti penerapan dikampus bagaimana. teman-teman hidup bersama ratusan mahasiswa lain di kampus anda (mungkin, coz aq gak tau kalian ini makasiswa mana, oops, maaf).
    3. materinya tiap kampus, tiap mahasiswa, tiap tahun , PFM diterapkan, kira2 MENGAPA ya? bisa jd bahan diskusi yg kreatif & kritis tuh dgn sesama mahasiswa seperti kakak2 kelas teman2 skalian.

    thanks, aq menunggu tulisan2 kreatif & tentunya dgn judul yg membuat tanganku gatal untuk menggerakkan krusor untuk say "klik"

    wassalam

    BalasHapus
  4. @ mas. yayat, bntuk tnggung jwb sy sbgai mahasiswa dpt dlht dlm dftr absensi sy yang insyaallah full, dan mnrt sy itu slh stu bntk tnggung jwb sy sbgai mhsiswa.

    @ mas.dewa, stiap khdpn psti ada mslh krn pd dsrx mnsia itu sndri berawal dr mslah, mk munafik bla sy blg tdk ada mslh dsktr sy, contohx bla ada slh stu tmn yg rmai dkls saat jam kuliah dan tmn itu mnggangu yg lain mk hal itu bs dktakan mslh jg.

    @ mbk.cucu,
    - sblmx maaf klo km pwk 2010 tdk mnyertakan identitas km dgn jls, krn km terburu2 dlm membuat blog ini.
    - memang sy akui klo beberapa dr mtri ini ada yg co-pas, krna sy blm mengerti apa mksut PFM itu, tp skrg stlh sy mnls mtri ini sya tau peran dan fungsi sy sbgai mahasiswa.
    - mnrt spengethuan sy mtri ini untuk stiap masiswa, krn agar km tau peran dan fungsi kt sbgai mahasiswa.

    trima ksih pd mas-mas dan mbk ats kmentrx yg membangun ini, dan maaf apbla ada kt yang slh.

    BalasHapus