Selasa, 25 Januari 2011

PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA

Mahasiswa memang menjadi komunitas yang unik dimana dalam catatan sejarah perubahan selalu menjadi garda terdepan dan motor penggerak perubahan . Mahasiswa di kenal dengan jiwa patriotnya serta pengorbanan yang tulus tanpa pamrih . Namun hanya sedikit rakyat Indonesia yang dapat merasakan dan punya kesempatan memperoleh pendidikan hingga ke jenjang ini karena system perekomian di Indonesia yang kapitalis serta biaya pendidikan yang begitu mahal sehingga kemiskinan menjadi bagian hidup rakyat ini . tetapi peran dan fungsi mahasiswa sangatlah banyak bagi perkembangan indonesia, sebagai berikut :

Peran dan fungsi moral
Mahasiswa yang dalam kehidupanya tidak dapat memberikan contoh dan keteladanan yang baik berarti telah meninggalkan amanah dan tanggung jawab sebagai kaum terpelajar . Mahasiswa mempunyai kedudukan yang sangat unik yaitu sebagai kaum yang diterima oleh semua lapisan masyarakat dan mempunyai kemampuan intelektual yang tinggi.

Peran dan fungsi sosial
Mahasiswa harus menumbuhkan jiwa-jiwa sosial yang dalam atau dengan kata lain solidaritas sosial. Solidaritas yang tidak dibatasi oleh sekat sekat kelompok, namun solidaritas sosial yang universal secara menyeluruh serta dapat melepaskan keangkuhan dan kesombongan. Mahasiswa tidak bisa melihat penderitaan orang lain, tidak bisa melihat poenderitan rakyat, tidak bisa melihat adanya kaum tertindas dan di biarkan begitu saja. Mahasiswa dengan sifat kasih dan sayangnya turun dan memberikan bantuan baik moril maupun materil bagi siapa saja yang memerlukannya.

Peran dan fungsi akademik
Sesibuk apapun mahasiswa, turun kejalan, turun ke rakyat dengan aksi sosialnya, sebanyak apapun agenda aktivitasnya jangan sampai membuat mahasiswa itu lupa bahwa adalah insan akademik. Mahasiswa dengan segala aktivitasnya harus tetap menjaga kuliahnya. Peran yang satu ini teramat sangat penting bagi kita, dan inilah yang membedakan kita dengan komonitas yang lain ,peran ini menjadi symbol dan miniatur kesuksesan kita dalam menjaga keseimbangan dan memajukan diri kita. Jika memang kegalan akademik telah terjadi maka segeralah bangkit,”nasi sudah jadi bubur maka bagaimana sekarang kita membuat bubur itu menjadi “ bubur ayam spesial “. Artinya jika sudah terlanjur gagal maka tetaplah bangkit seta mancari solusi alternatif untuk mengembangkan kemampuan diri meraih masa depan yang cerah dunia dan akhirat.

Peran dan fungsi politik
Peran politik adalah peran yang paling berbahaya karena disini mahasiswa berfungsi sebagai presseur group ( group penekan ) bagi pemerintah yang zalim. Oleh karena itu pemerintah yang zalim merancang sedemikian rupa agar mahasiswa tidak mengambil peran yang satu ini.

Peran dan fungsi dalam pilkada
Mahasiswa mempunyai peran strategis dalam pengawasan proses pelaksanaan pilkada bersama aktivis-aktivis masyarakat sipil seperti : LSM, Akademisi, Pers, dan ORMAS. Peran ini diambil karena mahasiswa merupakan kekuatan masyarakat sipil yang independen, objektif, dan berlandaskan pada aspek moralitas.
5 hal yang yang melatarbelakangi penyebab tumbuhnya kepekaan mahasiswa terhadap berbagai persoalan yaitu :
  • Pertama, mahasiswa sebagai kelompok masyarakat yang memperoleh pendidikan terbaik memiliki persepektif atau pandangan yang cukup luas untuk dapat bergerak di semua lapisan masyarakat.
  • Kedua, mahasiswa sebagai golongan yang cukup lama bergelut dengan dunia akademis dan telah mengalami proses sosialisasi politik terpanjang di antara generasi muda.
  • Ketiga, kehidupan kampus membentuk gaya hidup unik di kalangan mahasiswa, dan terjadi akulturasi sosial budaya tinggi di antara mereka.
  • Keempat, mahasiswa sebagai golongan yang akan memasuki lapisan atas dari susunan kekuasan, struktur ekonomi, dan memiliki keistimewaan tertentu dalam masyarakat sebagai kelompok elit di kalangan kaum muda.
  • Kelima, mahasiswa rentan terlibat dalam pemikiran, perbincangan, dan penelitian pelbagai masalah yang timbul di tengah kerumunan masyarakat, memungkinkan mereka tampil dalam forum yang kemudian mengangkatnya ke jenjang karier sesuai dengan keahliannya.


- VINZA FIRQINIA FRISTIA (3610100018) -

3 komentar:

  1. Dewa PL-06
    1. di fungsi akademik kamu nyebutin tentang kuliah,,
    kamu pahan definisi dari kuliah??
    dia berasal dari bahasa mana??
    dan maknanya apa??
    2. tolong jelaskan lebih rinci tentang usaha pemerintah dalam menjadikan mahasiswa sebagai robot..
    dan bisa kamu amati kondisi "robot" di ITS??

    BalasHapus
  2. Yayat PL08
    di peran fungsi politik kamu menyebutkan "pemerintah yang zalim merancang sedemikian rupa agar mahasiswa tidak mengambil peran yang satu ini."
    Kata-katamu masih pasif, contohnya seperti apa ?
    Kalau sistem yg berlaku itu salah dan merugikan rakyat, apa mahasiswa harus diam ?
    Apa harus tunduk pada pemerintah yg zalim ?

    BalasHapus
  3. terima kasih atas komentar dari kakak-kakak

    @ mas dewa : saya belum tau kuliah berasal dari bahasa mana namun kalau makna nya menurut saya yaitu pembelajaran secara akademik yang terdapat di perguruan tinggi. mahasiswa sebagai robot di sini merupakan peran dan fungsi mahasiswa sebagai motor penggerak perubahan yang dimana mahasiswa sebagai jembatan antara rakyat dengan pemerintah.

    @ mas yayat : disitu juga sudah saya jelaskan bahwa mahasiswa memiliki peran penekan bagi pemerintah yang zalim. apabila sistem pemerintah merugikan rakyat mahasiswa akan berontak dengan memberikan solusi dan aspirasinya bukan diem saja. pemerintah yang zalim tdk pantas di diemkan , harus ada yang merubah agar tercapainya kesejahteraan rakyat.

    maaf apabila komentar saya msh minim karna disini saya masih belajar. terima kasih

    BalasHapus