Selasa, 25 Januari 2011

Peran dan Fungsi Mahasiswa

Peran dan Fungsi Mahasiswa


Mahasiswa adalah sebuah gerombolan anak yang terpelajar dan gerombolan terpelajar ini masih belum tercekcoki oleh kepentingan – kepentingan suatu golongan, ORMAS, PARPOL dsb. Sehingga mahasiswa dapat dikatakan memiliki idealisme. Idealisme adalah suatu kebenaran yang tidak dapat terpengaruh oleh faktor – faktor eksternal yang dapat merubah makna sebenarnya. Mahasiswa bukanlah seorang siswa yang hanya belajar dan memenuhi keperluannya sendiri tanpa memberi kontribusi terhadap negaranya. bukan pula rakyat, dan bukan pemerintah. Mahasiswa punya tempat tersendiri di lingkungan masyarakat, tetapi bukan berarti mahasiswa memisahkan diri dari masyarakat.

Di atas sudah saya paparkan bahwa mahasiswa tidak dapat di samakan dengan rakyat, dan mahasiswa masih belum tercekcoki dengan kepentingan – kepentingan suatu golongan, ORMAS, PARPOL sehingga mahasiswa juga tidak dapat di samakan dengan pemerintah. Jadi menurut saya mahasiswa mempunyai tempat di antara masyarakat dan pemerintah, mahasiswa dalam hubungan pemerintah ke masyarakat, mahasiswa bisa menjadi ‘lidah’ pemerintah. Di dalam konteks ini mahasiswa mempunyai tugas untuk membenarkan kebijakan pemerintah yang sering kali salah di mata masyarakat. Yang sebenarnya hanyalah kesalah pahaman antara masyarakat dengan pemerintah atas kebijakan tersebut. Sehingga dapat meminimalisir kesalah pahaman antara pemerintah dan masyarakat.

Di jaman sekarang tidaklah sedikit mahasiswa yang lupa akan peran fungsi mahasiswa tersendiri. Tugas mahasiswa yang sebenernya adalah sebagai . Sebagai Agent Of Change, Social Control, Moral Force, Iron Stock.Peran dan fungsi mahasiswa sebagai Agent Of Change adalah mahasiswa merupakan harapan bangsa untuk dapat berubah menjadi lebih baik. Itu di karenakan mahasiswa , kesalahan di dalam lingkungan, maka mahasiswa di tuntut untuk merubahnya sesuai dengan yang sebenernya. Sedangkan mahasiswa sebagai Social Control adalah mahasiswa harus bisa mengontrol social yang ada di lingkungan sekitar, sehingga bila keadaan bangsa sudah tidak sesuai dengan harapan, mahasiswa bisa mengkritik dan member saran untuk mengembalikan tujuan bangsa yang sebenernya. Mahasiswa sebagai Moral Force adalah mahasiswa harus mempunyai moral yang baik bila moral bangsa dan bila di lingkungkungan terjadi kerusakan moral, maka mahasiswa di tuntut untuk meluruskan dan membenarkan moral yang seharusnya. Dan yang terakhir mahasiswa sebagai Iron Stock adalah mahasiswa merupakan pengganti generasi sekarang. Hal ini berhubungan dengan mahasiswa sebagai Agent Of Change. Dengan mahasiswa yang dapat merubah bangsa lebih baik, dengan kata lain mahasiswa menjadi tumpuan bagi bangsa untuk menggantikan generasi sekarang sehingga kekacauan yang terjadi sekarang dapat di kurangi atau bahkan dapat di hilangkan dengan ini.

Maka sangatlah penting bagi mahasiswa mengingat kembali apa sebenarnya peran dan fungsi mahasiswa. Sehingga mahasiswa dapat memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara, dan mahasiswa bisa mengantikan peran generasi sekarang dengan baik. Sehingga tujuan bangsa akan berjalan dengan baik dan tujuan itu akan tercapai.

Hal yang telah saya paparkan tersebut sangatlah berbanding terbalik dengan keadaan mahasiswa yang sekarang sangatlah jauh dari peran dan fungsi sebenarnya. Yang seharusnya mereka member kontribusi bagi nusa dan bangsa, tetapi mereka sibuk dengan berdemo. Mahasiswa sekarang sangat sering tawuran dengan mahasiswa lain. Ini akan menjadi titik gelap bagi suatu bangsa jika mahasiswanya hanya berdemo dan tawuran. Bagaimana mungkin bangsa akan maju bila mahasiswanya seperti ini. Apa yang di harapkan dari mereka? Maka dari itu kita sebagi mahasiswa yang mempunyai akan pikiran yang sangat baik dan intelektual yang tinggi, hendaknya kita harus seperti mengikuti lomba yang akan mengharumkan nama bangsa kita dengan prestasi kita. Inilah peran dan fungsi mahasiswa sebenarnya.



ANGSAR NUR HIMAWAN (3610100020)

7 komentar:

  1. Dewa PL-06
    darimana kamu yakin kalau mahasiswa tidak terlibat dalam parpol dan ormas??
    darimana kamu yakin mahasiswa tidak kehilangan nilai-nilainya??
    dari internet atau dari pengalaman?

    BalasHapus
  2. Yayat PL08
    Apa kamu pernah merasakan memperjuangkan suatu kebenaran yg ditentang pemerintah dalam suatu sistem yg merugikan bangsa ?
    Apa harus dengan mengikuti lomba kamu bisa melakukan perubahan ?

    BalasHapus
  3. "Mahasiswa adalah sebuah gerombolan anak yang terpelajar dan gerombolan terpelajar ini masih belum tercekcoki oleh kepentingan – kepentingan suatu golongan, ORMAS, PARPOL dsb. Sehingga mahasiswa dapat dikatakan memiliki idealisme" dst..
    mengutip kata2 anda...
    bagaimana anda mempertanggungjawabkan kalimat ini dari mana mahasiswa yang notabene dari seorang siswa bisa memiliki idealisme yang benar dan terarah ?

    BalasHapus
  4. karena seorang mahasiswa bukanlah seoran pemerintah yang berkecimpung dengan masalah politik sperti itu. jika terdapat mahasiswa yang berdemo, itu hanya akan meluruskan sesuatu yang sudah tidak pada jalurnya. makasih

    BalasHapus
  5. @kak Yayat PL08
    kalau saya pribadi belum pernah kak. tidak hanya dengan lomba saja kak. kita memperbaiki morakl kita sendiri itu sudah membantu untuk memberi titik terang pada bangsa kita.

    BalasHapus
  6. Perubahan moral apa yg sdh km lakukan ?
    Sudah pantas sm tulisanmu ?
    Aku jg mnt penjelasan demo itu apa ?
    Layak kah kamu sbg mahasiswa berdemo ?

    BalasHapus
  7. jika semua mahasiswa mengikuti lomba maka siapa yang kan mengkritik pemerintah. setiap hari aja di demo tapi pemerintah responnya ga ada. apalagi kalo para mahasiswa tidak demo pa jadinya negara ini. pemerintah akan bertindak semaunya sendiri tanpa memperdulikan masyarakat......

    BalasHapus