Rabu, 26 Januari 2011

peran dan fungsi mahasiswa( ani satul fitriyati)

PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA

Dalam kehidupan nyata, kata mahasiswa bukanlah kata yang asing lagi bagi masyarakat. Dari kalangan menengah kebawah sampai kalangan menengah keatas, kata mahasiswa sudah sangat familiar dan menarik, dari anak – anak, dewasa hingga orang tua semua mengenal yang namanya mahasiswa. Baik mengenai segala citranya, mulai dari citra positifnya maupun citra negativnya, misalnya saja seperti aksi tawuran antar mahasiswa sampai pada anggapan bahwa mahasiswa konon katanya adalah kelompok yang selalu bersebrangan pendapat atau kontra dengan pemerintah. Bahkan mahasiswa terkadag menjadi hot news di berbagai media, mulai dari media cetak maupun elektronik, karena aksi mereka yang sering kali dianggap ngawur, seperti aksi tawuran dan demo yang menyebabkan kerusuhan. Namun, terlepas dari segala hal negative yang sedikit banyak memberikan gambaran negative terhadap mahasiswa, ternyata tidak semua mahasiswa berperilaku ngawur dan seenaknya, masih banyak mahasiswa yang memiliki kelebihan dalam hal yang positif. Mislnya saja aksi mahasiswa untuk menggalang dana bagi korban bencana alam, bahkan membuat suatu karya yang mampu membantu pemerintah mengatasi masalah yang sedang berkembang dalam masyarakat. katakan saja seperti masalah kelangkaan bahan bakar. Mahasiswa mampu menciptakan sutu alternative lain dari bahan baker yang sering digunakan.
Terlepas dari segala citra negatif itu, mahasiswa adalah salah satu kelompok kecil atau kaum dilingkungan masyarakat yang tak bisa dipungkiri perannya dalam memegang peranan penting di kehidupan masyarakat. Terlepas dari citra negative yang diciptakan oleh segelentir mahasiswa yang tak bertanggung jawab, Di mata masyarakat, mahasiswa tetaplah sekelompok orang yang unik dan dapat mudah diterima di semua lapisan masyarakat karena mempunyai kemampuan intelektual yang tinggi. Mahasiswa memiliki sikap kritis yang peka terhadap kejadian yang terjadi. Selain itu mahasiswa juga meningkatkan dirinya untuk bisa mengemban peran dan fungsinya.
Agar mahasiswa mampu berbaur dan mampu menjalankan fungsi serta parannya di masyarakat, mahasiswa membutuhkan sikap adaptif, dan cepat tanggap terhadap suatu keadaan. Selain itu.mahasiswa juga memerlukan sikap prestatif agar dapat memberikan hasil yang terbaik dalam setiap tugasnya.
Adapun peran dan fungsi mahasiswa dalam masyarakat diantaranya adalah:
1. Sebagai Iron Stock
Dimana mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang nantinya akan mengganti atau memperkuat generasi yang sudah tua dalam membangun bangsa.
2. Sebagai Agent of Change
Dalam fungsi sebagai Agent of Change mahasiswa dituntut untuk menjadi agen perubahan kehidupan masyarakat Maksudnya adalah mahasiswa merupakan salah satu harapan bangsa agar masyarakat atau bangsa tersebut mampu berubah kearah yang lebih baik, bila ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan itu salah, mahasiswa dituntut untuk merubahnya sesuai dengan harapan sesungguhnya. Hal ini disebabkan karena mahasiswa dianggap memiliki kemampuan intelek yang tinggi.
3. Sebagai Moral Force
Dalam hal ini mahasiswa harus memiliki moral yang baik, agar mampu merubah bangsa ke arah lebih baik. Apabila dilingkungan sekitar terjadi hal –hal yang tidak bermoral maka mahasiswa dituntut untuk meluruskan kembali perilaku tersebut kepada norma dan moral yang sesuai..
4. Sebagai Sosial Control
Disini mahasiswa berperan sebagai wadah masyarakat untuk mengontrol kebijakan pemerintah. Dalam hal ini mahasiswa diupayakan agar mampu mengkritik, memberi saran dan memberi solusi jika keadaan sosial bangsa sudah tidak sesuai dengan cita-cita dan tujuan bangsa.
Dengan kita mengetahui peran dan fungsi mahasiswa dalam masyarakat diharapkan agar mahasiswa pada khususnya mampu memberikan sesutu kepada bangsa ini secara optimal dan berguna bagi bangsa ini. Jadi sebagai mahasiswa generasi penerus bangsa kita harus memberikan perubahan positif bagi bangsa kita. Jika bukan kita, siapa lagi?

Nama : Ani Satul Fitriyati

NRP : 3610100042

Tidak ada komentar:

Posting Komentar